MANFAAT BUAH MENGKUDU

Manfaat Buah Mengkudu
=====================





Mengkudu atau noni mendapatkan sebutan Latin Morinda citrifolia, merupakan tumbuhan yang bisa juga di buat obat seperti Obat Titan Gel dan mengkudu ini berasal dari daerah Asia Tenggara dan tergolong ke dalam famili Rubiaceae. Pohon mengkudu akan tumbuh subur di daerah dataran tinggi mencapai 1500 m, sementara tinggi pohon sendiri mampu melebihi 5 m. Buahnya majemuk dengan banyak jumlah totol pada permukaan kulit (jika masih muda) dan berubah jadi bintik hitam jika sudah tua.

Penduduk Aceh sering merujak dengan mencampurkan mengkudu, bagi yang ingin membuat sayur juga tak jarang memilih mengkudu. Bagian lain yang umum dimanfaatkan para penduduk kota Aceh adalah daunnya yang bisa digunakan jadi salah satu bahan nicah peugaga yang merupakan menu wajib buka puasa.

Buah mengkudu banyak memiliki sifat pencegahan terhadap penyakit, hal ini menjadikan dirinya sebagai salah satu Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang patut dibudidayakan. Kembali mengintip kebiasaan penduduk Aceh, mereka sangat gemar menanam pohon mengkudu di perkarangan rumah, sebab mereka tahu bahwa tumbuhan ini mampu mengatasi banyak penyakit.
Manfaat Buah Mengkudu

Berbagai unsur senyawa menjadi komponen utama penyusun buah mengkudu, mereka bersatu padu dengan satu tujuan, yaitu memberikan manfaat pada manusia.

Berikut ini akan sedikit diulas materi kesehatan menarik mengenai objek yang sedang dibahas pada artikel ini, yaitu manfaat buah mengkudu dalam hal kesehatan, khususnya menjadi obat tradisional. Seperti apa sih keunggulan buah mengkudu dari buah-buahan lain? Semua akan dibahas secara gamblang berikut ini.
Memberikan Daya Tahan Tubuh Yang Lebih

Tubuh yang kekurangan asupan vitamin akan mengalami berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh ketidakmampuan imunitas tubuh dalam hal menumpas bakteri penyakit.


Komentar